Kamis, 13 Juni 2013

Google Beli Aplikasi Peta Waze


Sudahkah anda mengetahui informasi mengenai aplikasi Waze? Jika belum mengetahui atau baru pertama kali mendengar aplikasi waze, sekitar-tekno akan memberikan sedikit informasi mengenai aplikasi waze ini. Waze merupakan sebuah piranti lunak navigasi gratis untuk perangkat telepon genggam dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini Waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan BlackBerry.


Kabar yang sekitar-tekno dapatkan, saat ini Waze di beli oleh Google. Google sendiri sebenarnya sudah memiliki layanan Google Maps yang mirip dengan milik Waze. Sekitar-tekno tidak  mengerti Google membeli Waze, apakah Waze akan menggantikan Google Maps??  

Sekitar-tekno mendapatkan sedikit informasi dari Forbes mengenai beberapa kemungkinan kenapa google membeli Waze. Berikut ini kemungkinan-kemungkinan tersebut :

1.      Mengambil alih basis pengguna Waze
Alasan pertama mungkin disebabkan karena Waze berhasil menciptakan budaya user engagement di kalangan para penggunanya. Jumlah pengguna Waze sendiri sudah mencapai 50 juta. Sepertiga pengguna Waze aktif berbagi informasi-informasi terkini di jalan, seperti hambatan lalu lintas dan penutupan jalur. Pengguna juga bisa menyunting peta untuk meningkatkan akurasinya.

2.      Mengamankan Waze dari Facebook dan Apple
Pembelian Waze oleh Google menyebabkan teknologi-teknologi milik layanan itu tak bisa dipakai oleh kompetitor semacam Facebook dan Apple. 

Kedua saingan Google ini memiliki layanan peta masing-masing. Facebook menyediakan fitur "check in", tetapi pengguna tidak bisa membuat rute di software peta jejaring sosial tersebut. Dengan menjauhkan Waze dari Facebook, Google bisa tetap selangkah lebih maju dalam hal mapping.

3.      Menambah fitur ke Google Maps
Waze memiliki sejumlah fitur yang belum ada di Google Maps, misalnya kemampuan untuk melaporkan hal-hal seperti "penampakan" polisi, lokasi speed camera, dan lain sebagainya. Semua bermanfaat bagi pengguna Waze dan bisa ditambahkan ke Google Maps melalui akuisisi. 

4.      Menyediakan Waze sebagai alternatif Google Maps
Walaupun sudah di akuisisi oleh google, namun CEO dan jajaran staff Waze dilaporkan akan tetap berkantor di Israel dan beroperasi secara independen selama tiga tahun. Setelah itu, ada kemungkinan Google bakal terus menjalankan layanan tersebut. Sehingga sangat jelas, bahwa google menyediakan Waze sebagai alternatif Google Maps.

Google tidak memberikan informasi mengenai harga dari Waze, namun disinyalir google membeli Waze dengan harga 1,3 miliar dollar atau sekitar Rp 12,7 triliun untuk mengakuisisi layanan pemetaan berbasis komunitas dari Israel itu. Nominal yang cukup besar bukan?? 

Ditulis Oleh : Keluarga Sekitar // 12.01
Kategori:

2 komentar:

 
Support by : Mas Kris | Agung Pratnyawan | Sekitar-Tekno
Copyright Sekitar-Tekno © 2013.