Selasa, 18 Juni 2013

Kamera "Mirrorless" atau DSLR


Sudah tahukah anda mengenai kamera yang bernama kamera mirrorless?? Atau sudah tahukah anda dengan kamera DSLR??
Jika belum tahu, sekitar-tekno ingin memberikan sedikit informasi mengenai kedua tipe kamera tersebut. Seringkali orang-orang menanyakan mengenai kamera Mirroless maupun DSLR, bahkan seringkali membanding-banduingkan antara keduanya. Lebih bagus yang mana sech?? DSLR atau mirrorless?? Itu pertanyaan yang paling sering muncul.
Sekitar-tekno sendiri sudah pernah menggunakan kedua tipe kamera tersebut. Hehe.. Jujur, sekitar-tekno sendiri tidak dapat menjawab pertanyaan lebih bagus mana antara kamera Mirroless atau kamera DSLR karena semuanya itu relatif. Relatif di sini maksudnya adalah, jika kita menggunakan kamera Mirroless dengan harga 10juta, maka hasilnya jauh lebih bagus dibanding kamera DSLR seharga 4-5 juta.
Kamera Mirrorless biasa dikenal dengan nama MLC (Multiple Lens Camera) sedangkan DSLR merupakan singkatan dari (Digital Single-Lens Reflex). Kamera MLC disebut mirrorless karena sebenarnya MLC merupakan kamera DSLR yang dibuang cermin(mirror) nya sehingga di sebut sebagai kamera tanpa cermin.
Jika kita memiliki kamera DSLR, cobalah melepas lensa anda, maka anda akan melihat ada sebuah cermin yang dipasang miring. Cermin itulah yang dibuang oleh kamera MLC dan menjadikannya sebagai kamera tanpa cermin/mirrorless. Cermin pada DSLR tersebut memiliki fungsi memantulkan gambar dari lensa ke viewfinder sang fotografer.
Pada jaman fotografi film, seperti pada saat menggunakan SLR, maupun kamera lama yang menggunakan roll film, cermin merupakan hal yang wajib ada pada kamera, karena tanpa cermin maka gambar/object tidak dapat ditangkap oleh sang fotografer. Namun di era fotografi digital seperti saat ini, sepertinya hampir semua  kamera memiliki LCD  dan sensor yang bisa secara otomatis mengirimkan gambar/objek secara langsung kepada sang fotografer. Itulah alasan kamera Mirrorless membuang cermin pada DSLR.
Pada era fotografi digital seperti sekarang ini, perusahaan kamera terkenal seperti Nikon, Canon dan bahkan hampir semua merek kamera besar sudah mulai memiliki kamera mirroless. Canon sudah mengeluarkan EOS-M, Nikon sudah mengeluarkan Nikon seri J dan V, Sony sudah mengeluarkan Sony Nex, Samsung dengan Samsung NX, Pentak dengan Pentak K, bahkan Olympus telah mengeluarkan pertama kali dengan kamera yang bernama Olympus Pen.
Pertanyaannya, terus kita harus pilih kamera Mirrorless atau kamera DSLR??
Jawabannya cukup mudah, sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika anda tipe orang yang tidak mau ribet, bawa kamera besar kemana-mana, mungkin mirroless dapat menjadi pilihan. Berikut ini ada sedikit kenyataan yang terjadi pada jaman fotografi digital saat ini, semoga dapat membantu anda dalam memilih kamera.
Jika kita memiliki kamera handphone yang memiliki 8 megapiksel ke atas, kamera saku 8 megapiksel ke atas, dan DSLR hasilnya tak bisa dibedakan dengan kata lain hasilnya ketiga kamera tersebut mirip apabila:
  1. Cahaya saat pemotretan cerah/ banyak cahaya yang ditangkap kamera.
  2. Objek yang dipotret tidak bergerak.
  3. Hasil foto hanya dicetak sampai 30 cm x 20 cm saja.
Semoga informasi yang sekitar-tekno berikan dapat membantu anda dalam memutuskan untuk membeli kamera.

Ditulis Oleh : Keluarga Sekitar // 08.53
Kategori:

6 komentar:

  1. Mirrorless kompak, enak dibawa kemana-mana, lensa apa aja bisa masuk.. tapi nggak keren, mosok kamera kok cuilik sak upil!! ngga bisa buat gaya2 an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neq gaya Bawa Panasonic M1000 mas.. biar kemana-mana kameranya keliatan.. haha

      Hapus
    2. hahaha...nusuk..

      Hapus
    3. Panasonic MD10000 mas biasanya..

      Hapus
    4. Haha... sorry ane salah nulis om.. kurang "D".. hehe

      Hapus
    5. panasonic m1000 jg ada sih, tp enakan m150... bisa!!

      Hapus

 
Support by : Mas Kris | Agung Pratnyawan | Sekitar-Tekno
Copyright Sekitar-Tekno © 2013.