Kamis, 20 Juni 2013

Haswell-E, Prosesor 8-core dari Intel



Kabar terbaru datang dari salah satu perusahaan pembuat prosesor terbesar di dunia, Intel. Perusahaan tersebut rencananya telah siap merilis Hasswell-E, prosesor 8 core dari Intel pada kuartal kedua tahun 2014.

Sebagai informasi, saat ini prosesor PC desktop Intel paling banyak memiliki 6 inti pemroses data (12 thread). Menurut situs teknologi VR-Zone, Haswell-E akan ditawarkan dalam versi 6 dan 8 inti, dengan jumlah cache level 3 mencapai 20 MB.
Spesifikasi dari Haswell-E adalah memiliki TDP di angka 130-140 Watt, dukungan memori 4 channel DDR4, dan proses Fabrikasi 22 nm. Prosesor 8 core ini akan dipasangkan dengan chipset soket LGA 2011. Soket LGA 2011 dipilih karena mendukung interface dengan kecepatan tinggi seperti SATA 6 Gbps, PCI-express 3.0, Port USB 3.0 (max 6 port).
Haswell-E sendiri disebutkan bakal mengusung soket dengan jumlah pin yang sama seperti pendahulunya (2011), tetapi susunan pin konektor tersebut akan diubah sehingga tidak kompatibel dengan motherboard seri high-end terdahulu.
Sebelum Intel mengeluarkan Haswell-E, Intel rencananya akan lebih dulu merilis seri prosesor Ivy Bridge-E. Ivy Bridge-W rencananya akan hadir pada paruh kedua tahun ini. Perbedaan antara Haswell-E dan Ivy Bridge-E adalah pada support motherboardnya, dimana Ivy Bridge-E hanya bisa ditancapkan di motherboard LGA 2011 dengan chipset X79.
Sebagai informasi tambahan, huruf "E" pada Haswell-E menunjukkan statusnya sebagai CPU desktop teratas dalam hierarki produk Intel (Extreme Edition). Kita tunggu saja kepastian hadirnya Hasswell-E, prosesor 8 core dari Intel.

Ditulis Oleh : Keluarga Sekitar // 08.25
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support by : Mas Kris | Agung Pratnyawan | Sekitar-Tekno
Copyright Sekitar-Tekno © 2013.